taemkhunyang

Tips ‘n Trick Cover Dance

Posted on: 29 Desember 2011

pengen share tips ‘n trick cover dance dari salah satu member NYE Boys, Aditya Rahmadi. check it out 😉

1. perhatikan dan samakan detail : point gerakan, buka tutup jari tangan, wajah menghadap kemana, dan tatapan mata harus meyakinkan

2. ekspresi & artikulasi itu penting.. jangan sampe blank ato keliatan bengong/mikir/liat ke bawah.. usahain wajah selalu kedepan

3. power & kekompakkan tiap personil jg harus diperhatiin.. jgn sampe ada “one Man show” alias si “paling apal” eksis sendiri

4. pemilihan lagu, usahain lagunya “GRESS” boleh baru/paling Hits dari Grupnya/jarang dbwain orang/paling atraktif ditonton

5. perhatiin susunan lagu dan grafik aksinya.. apakah feelnya naik (klimaks) ato malah turun (antiklimaks)

6. ingat KESAN AWAL dan KESAN AKHIR ITU PENTING !! enterance, posisi standby dan pose akhir harus meyakinkan

7. pilih kostum dan make up dengan layak.. walo gak sama bgt dgn Idol-nya yg penting bikin muka kita lebih enak diliat :))))

8. saat latihan usahakan dicoba pake spatu perform diakhir sesi latihan (yg pk HighHeels) untuk ngebiasaain kondisi kaki

9. Langkah dan detail Idolnya juga perhatiin.. triknya adalah “tiap langkah mereka ada maksudnya untuk gerakan berikutnya”

10. jgn terlalu cepat PD ‘udah bisa’ lalu berhenti memperhatikan, tonton lagi & coba bersamaan, bandingkan di cermin perhatikan apa yg beda

11. mixing lagu jadi 1 kesatuan, jeda antar lagu jgn sampe kosong/kentara bgt ganti lagu

12. jgn maksain perform lagu yg benernya belum dikuasai.. kuasai dlu sampe kalian bisa bermain-main/”Kkap” dengan koreo itu :))

13. biasakan untuk mengenal crowd.. jgn sampe perform kalian memble karna gada yg tau lagunya/ salah sasaran

14. Dahsyat dikostum tapi memble di performa tetep aja ga bagus. latihan yg bener baru pikirin kostum. kostum itu pelengkap, bukan inti

15. jangan bawa emosi pribadi keatas panggung. penonton gamau tau kalian BT/Sakit/sedih/ dll.. yg mreka lihat adalah apa yg ada dipanggung

16. improvisasi itu penting.. kalo lupa, salah, dll jgn tunjukkin ekspresi bahwa kmu sedang salah.. tetep PD, tenang & fokus

17. jgn pernah tunjukkan ketidaknyamanan diatas panggung.. mau smpit, licin, brundak2, tetep tenang dan tampilkan yg terbaik 🙂

18. Cover Dancer itu bukan penghapal gerakan, tapi entertainer.. tampilkan lagu itu seolah lagu kalian dan kalianlah idol-nya di stage

19. Diatas panggung, rasakan panggung itu milik kalian, kuasai, nikmati, dan manfaatkan dengan baik

20. ingat juga ATTITUDE.. hormati kru, penonton, peserta lain, dll.. ciptakan suasana bersahabat dalam kompetisi

21. trick wardrobe : selalu siap sedia peniti dan double tape alih2 kostum tidak nyaman scara mendadak

22. akrobat, property, dancebreak, dll bisa jd kjutan diatas panggung.. tapi itu sudah umum,, “start to think out of the Box”

23. selalu siapin dance2 random pendek baik solo maupun grup, alih2 ada dance battle mendadak

24. walo cover tapi judulnya tetap aja dancer,, stidaknya kuasai teknik2 dasar Dance.. dr youtube juga bisa kok “how to…” ;))

25. sah2 aj ko mau ‘masukin’ gerakan sndiri dalam perform.. asal bukan ‘merubah’ gerakan yg sudah pasti

26. jangan bergantung pada “dance version” ato ulikan orang lain… selalu tonton perform idol aslinya & perhatikan dg seksama

27. untuk yg mixing lagu usahakan punya koleksi sound effect transisi… bisa didownload ato beli dipasaran

28. talispatu lepas bisa jadi bahaya diatas panggung, selipin j kdalem ato kalo harus dikeluarin bisa dijepit dg jepit rambut

29. buat yg crosscover, kurangi gesture pribadi. sesuaikan sorot mata, cara jalan, lenggok pinggang, dan powernya.. cw>cwo harus xtra power

30. Sebaliknya kalo crosscover cwo>cwe harus lebih luwes dan hati2 mengatur power… alih2 jadi keliatan Lebay nantinya :))

31. Demam panggung kadang melanda,, atur nafas, berhitung, menggerak2an tubuh bisa sdikit membantu 🙂

32. biasakan u/ mnandai & mengatur dimana berdiri urutan keluar masuk stage sebelum naik.. biar ga keliatan kacau diatas stage

33. Kontak mata sama penonton itu penting, tapi hati2 jgn sampe itu membuyarkan konsentrasi.. jgn liatin 1 orang trus ya ;))

34. di akhir penampilan, biasakan selalu tahan pose terakhir sekitar 5 detik baru salut/bubar.. istilahnya “hold for applause”

35. untuk perform dg kcamata, biar gak jatoh bagian yg ngait kblakang kuping lilit dg lakban itm biar lebi pas n neken k kpala

36. backstage & ruang make-up biasanya t4 ktmu grup2 yg ga saling kenal.. senyum, tanya dari grup apa, sdqt pujian bs mbntu 😉

37. ga ada salahnya memberi smangat grup lain yg akan naik stage dan memuji mreka stelah mreka tampil.. mencairkan suasana 🙂

38. Kalo sudah turun panggung,, jgn langsung ganti baju (kcuali ad urusan) gabung dg crowd, siapa tau ad yg minta foto (GR) :p

39. Biasakan untuk menyalami/memberi ucapan selamat sama grup yg menang.. jgn sensi.. kalah menang biasa koq 🙂

40. jgn komentarin negatif fandom2 tertentu/ tunjukin ke-antis-an kalian sm idol ttntu, bs jd km dimusuhin se fandom! TIDAAK!!

41. biasakan stelah acara u/ evaluasi: ap yg tjadi dstage, salah dmana aj, kesan2, ap aj yg hrus dibenahi, dll

42. Untuk pemakaian aksesoris kalung/liontin/rantai, penitiin ke baju biar ga nabok muka pas lagi nari

43. Koleksi aksesoris macam cincin/kalung/gelang/anting dg warna&material berbeda. Biar bisa kalian mix & match nantinya

44. Cover Dance juga ngdepankan pnampilan.. tata rambut jgn sampe mengganggu pergerakan kamu.. hairspray/jepit/ikat dg baik

45. U/ Cover Konsep tertentu ad aksesoris nanggung yg nempel di paha/lengan. Double tape/peniti aja dikit biar gak turun2

46. u/ yg bikin kostum k tukang jait. kasi informasi yg jelas tntang gambar/final/bahan/efek visualnya/foto. yg bs bantu mrk

47. Kostum yg mirip dg idolnya mungkin punya nilai lebih. Jgn terpaku MV, perform mrk mgkin ad set kostum yg lebi mudah dcari

48. Usahakan kamu bisa mencirikan siapa yg kmu cover. jgn sampe salah informasi –> style Heartbeat tp dance BubblePop

49. tiap personil kadang ingin mengcover siapa yg mrka suka.. tp akan lebih baik meng-cover yg “cocok” dr segi style/skill

50. Kalo medley, usahakan pake yg se-Konsep biar kostumnya nyambung sama lagunya & biar efek visualnya “kena”/”dapet banget”

Source : https://twitter.com/#!/NYE_Adith

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2011
S S R K J S M
« Jul   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Laman

Twitter Terbaru

Blog Stats

  • 11,745 hits

Kategori

%d blogger menyukai ini: